Bahasa Indonesia

PERSUASIF

Tulisan persuasif adalah suatu bentuk karangan yang bertuju untuk membujuk pembaca agar setuju atau mau apa yang penulisnya inginkan. Agar pembaca menyetujuhi ide kita, kita haarus mempunyai pembuktian seperti data dan fakta. Kegunaannya adalah kita bisa gunakan untuk iklan. Ciri – ciri tulisan paragraf persuasif adalah di dalam paragraf ada kata mengajak, biasanya penulis menggunakan kata ‘ayolah’ atau ‘marilah’. Efek dari paragraf persuasif ini adalah pembaca akan terbujuk oleh penulis. Itu salah satu contoh di karangan. Sedangkan kalau di iklan pembeli akan membeli barang yang ada di iklannya.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s